Blog Guru PKn, Blog Mbak Srie, Blog Indonesia Mengajar:

Selasa, 08 November 2011

MGMP PKn DALAM: SOSIALISASI PENDIDIKAN PANCASILAN DAN KONSTITUSI

MGMP PKn mengadakan sosialisasi Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila dan Konstitusi tingkat Kabupaten Bondowoso. Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh perwakilan Guru PKn SMP Negeri/Swasta dan MTs se Kabupaten Bondowoso. Hadir dalam pertemuan tersebut tidak kurang 46 Guru PKn. Materi disajikan dengan apik dan menarik oleh perwakilan Guru PKn Bondowoso yang mendapat sosialisasi di tingkat Provinsi Jawa Timur di kota Batu, Malang dan Surabaya.
Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila di sampaikan oleh Samsul, MM.Pd dan Eka Daryati Puji Lestari, M.Pd. Sedangkan Implementasi-Eksplisit Konstitusi disampaikan oleh Ketua MGMP PKn, Tukono, S.Pd. Dalam kesempatan tersebut diperoleh beberapa kesimpulan yang akan ditindaklanjuti oleh Guru PKn se Bondowoso tingkat SMP, antara lain:
  1. Sepakat mengembangkan silabus dan RPP dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dan Konstitusi ke dalam Mata Pelajaran PKn.
  2. Membedah dan menyesuaikan indikator-indikator Nilai Pancasila dengan melihat kembali rumusan butir-butir Pancasila (36 dan 45 Butir.
  3. Selanjutnya nilai-nilai tersebut diterapkan dalam indikator pembelajaran dengan membuat materi aplikatif yang merupakan cerminan dari nilai yang sesuai dengan karakteristik materi yang disajikan.
  4. Membuat klasifikasi landasan konstitusi pada setiap materi yang disajikan.
  5. Siap menerapkan metode dan model pembelajaran dengan menitikberatkan pada aspek afektif khususnya nilai-nilai Moral Pancasila.
Hasil tersebut akan dievaluasi pada tiap pertemuan MGMP PKn untuk mendapatkan penyempurnaan.

2 komentar:

  1. salam buat kang samsul......
    tetap semangat...!

    dariku sesama peserta workshop di batu malang.

    BalasHapus
  2. Salam akan disampaikan...salam balik pada mas Gupuh Winarto. Salam Asasalamu'alaikum dan Salam PKn!

    BalasHapus