Blog Guru PKn, Blog Mbak Srie, Blog Indonesia Mengajar:

Senin, 30 Juli 2012

UKG ONLINE HARI KE-1 GAGAL!


Pelaksanaan UKG hari pertama Kabupaten Bondowoso dan beberapa daerah gagal dan peserta hari ke-1 harus ditunda berikutnya, kegagalan tersebut dikarenakan jaringan tempat penyelenggaraan UKG atau lebih dikenal dengan TUK tidak bisa melakukan sinkronisasi dengan server pusat. Mengapa ini bisa terjadi? Banyak faktor yang menjadi penyebab. Bila dianalisa dari kronologis kerja operator adalah:
Pusat terlalu percaya pada kemampuan teknologi daerah penyelenggara UKG
Pusat tidak melakukan simulasi total pada masing-masing TUK, terutama simulasi sinkronisasi soal
Faktor "X", faktor ini merupakan faktor tak terduga yang sebabnya banyak faktor selain 2 hal di atas.

Apapun alasannya, yang jelas penyelenggaraan UKG Online memang harus banyak persiapan. Bukan sekedar persiapan perangkat keras dan lunaknya, melainkan sumberdaya pengelola dan personal peserta test juga mempengaruhi kesuksesan penyelenggaraan ujian online semacam ini.

Pengalaman ini cambuk bagi Pemerintah terutama di jajaran Kemendikbud, hal teknis yang menyangkut kesiapan peralatan sangat penting dievaluasi agar benar-benar sehat dan siap online, disamping itu agar tidak menimbulkan sikap antipati guru pada pengambil kebijakan (dalam hal ini Kemdikbud) hendaknya sosialisasi tidak hanya cukup diadakan 1-2 bulan, melainkan kurun waktu trimester atau lebih, agar benar-benar tidak menimbulkan tekanan psikologis karena faktor teknologi.

Inilah mungkin yang dimaksud oleh para kontra UKG yang berpendapat bahwa pemerintah terkesan tergesa-gesa dan kurang siap melaksanakan proses ini. Semoga dengan peristiwa ini citra pemerintah tidak jatuh karenanya.

0 komentar:

Posting Komentar