Blog Guru PKn, Blog Mbak Srie, Blog Indonesia Mengajar:

Jumat, 07 September 2012

SUMBER NILAI KARAKTER

Review bimtek pengembangan karier bertajuk: "Membangun Nilai Karakter Kebangsaan" disampaikan oleh Drs. Milan Riyanto, M.Pd, Ketua Lab. PKn P4TK PKn-IPS Malang dengan gamblang. Entry point dari bimtek kali ini adalah: Membangun sebuah nilai karakter yang akan diintegrasikan tidak sulit. Indikator nilai karakter yang telah dirumuskan sudah disiapkan oleh Puskur sebanyak 18 point untuk PKn itu siap di integrasikan dalam pembelajaran.
Dari 18 nilai itu, beberapa indikator sumber pengembangannya sebagian dari nilai Agama, Pancasila dan Konstitusi, Budaya bangsa. Karena itu kita sebagai pengajar PKn tentunya tanggap, bahwa yang selama ini disampaikan dalam berbagai forum bimtek dan sejenisnya masih kita pahami sepotong. Antara karakter, nilai Pancasila dan Konstitusi merupakan satu kesatuan. Pancasila dan Konstitusi merupakan pembentuk nilai karakter. Karakteristik PKn harus ditonjolkan dengan menegaskan Nilai Pancasila dan Konstitusi dalam rumusan pembelajaran yang jelas.
Kebermanfaat bimtek sifatnya regular dan personal, regular karena merupakan penugasan dari lembaga. Sedangkan personal tergantung sejauh mana peserta mampu mengadaptasi seluruh materi yang disampaikan. Sedikit saja kita memahami hal pokok, sudah memperkuat kita dalam rumuskan tugas-tugas pembelajaran kita.
Dalam kesempatan kali ini, MGMP PKn menghasilkan karya monumental pengembangan silabus yang berbasis karakter dengan memperjelas nilai Pancasila dan konstitusi kita, yaitu UUD NRI 1945.

0 komentar:

Posting Komentar